21d-swH1q6m2_bcHYk1hcyE8HkQ Jasa Desain & Bangun Rumah: Panduan Sederhana Membuat Desain Rumah Minimalis Satu Lantai

Minggu, 02 Februari 2020

Panduan Sederhana Membuat Desain Rumah Minimalis Satu Lantai

Bagi anda yang belum mempunyai banyak budget untuk membuat sebuah rumah yang megah sebagai tempat hunian untuk keluarga Anda, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk membuat rumah minimalis satu lantai. Rumah minimalis satu lantai saat ini cocok dikembangkan terutama untuk rumah-rumah yang ada di area perkotaan dengan kapasitas tanah/lahan yang sempit.

Rumah minimalis satu lantai pada umumnya terbagi dalam 1 ruang keluarga, 2 atau 3 Kamar Tidur, 1 dapur dan 1 kamar mandi. Kendati nampak sangat sederhana, namun jangan berkecil hati karena dengan penataan yang cerdas, rumah minimalis seperti ini masih tetap bisa menjadi rumah yang mampu memberikan rasa nyaman bagi para penghuninya, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan pada desain rumah minimalis satu lantai Anda agar tetap menjadi hunian yang nyaman.

1. Membuat Desain

Sebelum memulai proses pembangunan, ada baiknya anda memperhatikan desain rumah minimalis satu lantai yang akan Anda bangun. Desain tersebut bisa berupa sket maupun moke up dari para developer/jasa desain rumah pilihan Anda. Pastikan anda menyukai desain yang akan dibuat dan jika masih ada hal yang ingin ditanyakan, jangan sungkan sungkan untuk menanyakannya kepada developer/jasa desain rumah yang Anda gunakan tentang bentuk, model maupun bahan yang dipakai hingga Anda merasa yakin dengan pilihan Anda.

2. Penentuan Warna

Setelah desain rumah minimalis satu lantai disepakati, kini saatnya menentukan warna yang sesuai dengan tema. Banyak calon pembeli /pemilik rumah yang takut bereksperimen dengan warna rumah yang akan dipilih, hasilnya lagi lagi warna putih yang mendominasi rumah mereka. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan berkonsultasi dengan toko toko cat rumah yang menyediakan konsultasi mengenai warna, jenis dan bahan cat yang cocok digunakan baik untuk eksterior maupun interior.

3. Penataan Interior

Penataan Interior adalah hal yang tak kalah penting untuk membuat sebuah rumah hunian menjadi nyaman dan membuat betah para penghuninya untuk berlama-lama ada disana :
  • Penataan Ruang Keluarga. Warna Abu-Abu dan Hitam juga bisa dijadikan referensi warna yang mendominasi ruang ini agar semakin menonjolkan aura minimalis dan praktis. Kombinasi sofa dan bantal dengan warna seperti ini bisa membuat keluarga merasa nyaman dan enggan meninggalkan ruangan ini. Selain itu perhatikan juga tata letak lampu, ada baiknya jika lampu tidak benar-benar terang karena biasanya lampu yang terlalu terang akan mengurangi kesan nyaman bagi penghuninya. 
  • Penataan Kamar Tidur. Menata kamar tidur sama pentingnya dengan menata ruang tamu. Agar kesan nyaman pada kamar tidur itu bisa muncul Anda bisa mempadupadankan warna warna yang lembut dan terang. Penataan cahaya yang mampu mempercepat proses tidur anda juga penting dalam tahap ini. Jika Anda penyuka buku, maka tak salah jika anda tempatkan rak buku kecil di samping tempat tidur anda, sehingga memudahkan anda untuk tetap bisa membaca tanpa harus membuat anda beranjak dari tempat tidur. 
  • Penataan Kamar Tidur untuk si kecil. Pastikan anda telah mengenal karakter si kecil serta warna kesukaannya. Hal ini penting karena jika pemilihan warna yang salah, bisa membuat si kecil merasa tidak nyaman dan enggan untuk lama di dalam ruangan ini. Menempatkan beberapa mainan di ruangan ini juga diperbolehkan selama tidak mengganggu aktivitas di tempat ini, dan jangan lupa berikan ruang agar udara luar bisa masuk ke dalam kamar tidur sehingga kamar akan tetap terasa segar dengan pertukaran udara. 
  • Penataan Dapur. Penggunaan peralatan dari zink atau stainless steel sangatlah dianjurkan dalam mengisi ornamen dalam dapur. Hal ini dilakukan karena sifat zink dan stainless steel yang tahan terhadap korosi dan mudah dibersihkan. Syarat dari dapur yang minimalis dan praktis adalah perbanyak pencahayaan yang berasal dari cahaya luar. Hal ini akan membuat dapur akan terlihat lebih luas, selain itu penting juga untuk memeperhatikan pertukaran udara di dalam dapur agar selalu fresh.
Penentuan warna dan pemilihan perabot juga sangat menentukan kenyamanan penghuninya. Ada baiknya, untuk menambah referensi anda tentang rumah dan seisinya, Anda sering melihat lihat pameran atau membaca dari majalah majalah yang sering membahas tentang rumah. Semoga artikel ringan ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.


"Sumber Referensi : http://www.gambarrumahminimalis.net"



----------------------------------------------------------------------------

"Butuh jasa desain hunian, rumah kos, ruko, atau kantor? silahkan klik menu Tarif Jasa Desain sebagai bahan referensi."
----------------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar